Friday 24 February 2017

Aplikasi Android "Point Pot" App Inventor 2

     Hai semuanya, kali ini saya akan memberitahukan tentang aplikasi "Point Pot" pada App Inventor 2. Aplikasi "Point Pot" ini merupakan aplikasi mewarnai sederhana yang bisa kita buat di App Inventor 2.
     Aplikasi yang saya buat ini, ada beberapa gambar berupa alat transportasi, dan beberapa warna serta tombol-tombol yang berfungsi untuk mengambil gambar (Kamera), Menghapus, dan menyimpan. Aplikasi ini juga tersedia slider yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya dot atau goresan yang kita buat. Langkah-langkah untuk membuat aplikasi ini, bisa lihat di Tutorial pembuatan aplikasi "Paint Pot" menggunakan App Inventor 2. sedangkan langkah-langkah memainkan atau mengaplikasikannya di android kita yaitu seperti berikut ini:
  1. Bukalah aplikasi "Point Pot" yang sudah di install di android kalian, berikut adalah tampilan awal saat kita membuka aplikasinya: 
  2. Klik Start untuk menjalankan aplikasinya, maka akan tampil seperti tampilan berikut: 
  3. Pilihlah objek yang akan diwarnai sesuai keinginan kalian. Misal kita memilih mobil, maka klik tombol Mobil,kemudian akan muncul tampilan berikut: 
  4. Pilihlah warna yang kalian inginkan. Kemudian warnai kanvas gambar tersebut. Ketika kita menyentuh kanvas, maka akan membuat sebuah dot/titik dengan warna yang telah dipilih tadi. Sedangkan untuk membuat sebuah garis/ goresan tinggal menjalankan seperti membuat garis pada biasanya. Berikut adalah tampilan setelah diwarnai:

  5. Kita bisa merubah ukuran dot dan garis pada slider sebelum mewarnai (Atur Ketebalan), Bandingkan ukuran dot atau garis gambar berikut dengan gambar nomor sebelumnya. Seperti berikut: 
  6. Untuk mengambil gambar yang kita inginkan, klik  tombol Kamera. Seperti berikut ini:
  7. Klik tombol Hapus jika kita ingin menghapus hasil pewarnaan.
  8. Jika kita ingin menyimpan hasil gambar yang kita ambil tadi, klik tombol Save. ketika kita selesai mewarnai kemudian klik tombol Save dan setelah itu kita memberikan warna lagi tetapi warna yang baru tidak sesuai. Maka, ketika kita ingin menghapus warna yang baru tadi, hasil pewarnaan yang di simpan tadi tidak akan terhapus.

  9. Selesai, selamat mencoba. terima kasih, dan semoga bermanfaat. 
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

0 comments:

Post a Comment