Friday 17 February 2017

Aplikasi Android "Hello Purr" App Inventor 2

     Hai teman-teman semuanya, kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi android "Hello Purr" yang dibuat dengan menggunakan appinventor 2. Hello_Purr pada umumnya merupakan aplikasi yang didalamnya berisi sebuah gambar dan suara. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan App Inventor 2 (pembuat aplikasi android berbasis web). Hello purr ini adalah aplikasi yang sangat simpel dan sangat mudah dalam pembuatannya. Dalam pembuatan aplikasi ini, anda hanya membutuhkan foto atau beberapa foto dan suara yang berbentuk mp3.
     Dalam aplikasi "Hello Purr" yang saya buat ini, saya membuatnya dengan beberapa foto dan suara (Hewan). Jadi, selain untuk memenuhi tugas "Pemograman Komputer I", tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk memudahkan semua orang, khususnya anak-anak dalam belajar mengenal tentang dunia hewan, jenis-jenis hewan, dan suara-suara hewan. Dengan aplikasi Hello_Purr ini, anak-anak bisa mengenal beberapa jenis-jenis hewan dan suaranya dengan mudah. Aplikasi "Hello Purr" yang saya buat ini. Ada beberapa foto dan suara hewan. dimana, ketika kita menggerakkan perangkat android kita, akan muncul suara hewan tersebut. Selain itu, saya menambahkan game tebak gambar hewan untuk menguji kemampuan kita di dalam mengingat hewan-hewan yang sudah dibuka sebelumnya.
          Nah, untuk lebih jelasnya cara membuat aplikasi ini klik link berikut : Tutorial pembuatan aplikasi "Hello Purr" menggunakan App Inventor 2. Sedangkan cara memainkannya di android kita, berikut adalah langkah-langkahnya :
  1.  Bukalah aplikasi "Hello Purr" yang sudah kita install, berikut adalah tampilan awal kita membukanya: 
  2. Klik Main, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini :
  3. Setelah muncul tampilan seperti diatas, pilih tombol yang kamu inginkan, misal kita pilih tombol Herbivora. Klik tombol Herbivora. Kemudian akan muncul screen menu “Herbivora” seperti berikut:
  4. Pilihlah tombol sesuai keinginanmu, misal kita pilih Domba. Maka klik tombol Domba kemudian akan muncul seperti tampilan berikut:
  5. Cara bermain selanjutnya yaitu, goyangkan atau gerakkan perangkat android anda. Ketika perangkat android anda di goyangkan, maka perangkat android anda akan mengeluarkan suara domba dan tulisan “Goyangkan perangkat anda!” akan berubah menjadi “Domba” seperti tampilan berikut:
     
  6. Cara untuk tombol Karnivora dan Omnivora sama seperti tombol Herbivora. Sedangkan cara bermain tebak gambar yaitu klik >>Tebak Gambar<< pada Menu seperti no.2 di atas. Isi Jawaban anda pada kolom jawaban seperti berikut:
  7.  

  8. Kemudian klik Jawab untuk mengetahui jawaban anda benar atau tidak, jika jawaban anda benar maka akan muncul tulisan "Jawaban Anda benar" dan skor anda menjadi 1 dan gambar akan berubah ke soal gambar berikutnya. Sedangkan jika jawaban anda salah, maka akan muncul tulisan "Jawaban anda salah" dan skor anda menjadi -1 seperti berikut:
  9. Jika skor anda mencapai 6, maka anda menang. tapi jika skor anda kurang dari 6. maka permainan akan diulang dari soal pertama sampai skor anda mencapai 6. Seperti gambar berikut:
  10. Klik Menu Utama untuk kembali ke menu awal dan selamat, anda berhasil memainkan aplikasi yang saya buat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

0 comments:

Post a Comment